Our Blog

Abstraksi

Definisi Abstraksi
Merupakan uraian singkat tetapi lengkap yang dimuali dengan judul, permasalahan pendekatan terhadap masalah landasan teoritik yang digunakan, hasil temuan dan rekomendasi. Abstrak ini cukup 1 halaman diketik 1 spasi.

Abstrak.
-  Tidak tampak secara fisik. Sering juga diartikan intisari, atau ringkasan.
- Kadangkala diartikan sebagai sebuah ringkasan dari pengetahuan mengenai proses informasi dan perpustakaan, seringkali terdiri dari satu paragraf, pada awal suatu dokumen, misalnya dalam penulisan ilmiah.

Cara Membuat Abstraksi:
ABSTRAK PERATURAN
Tulis:
  • Judul, nomor dan tahun peraturan
  • Isi peraturan memuat landasan filosofis dikeluarkannya peraturan, dasar hukum, isi peraturan
  • Catatan
  • Nama pengabstrak

TEKNIK PENULISAN
  • Jarak ketik 1 spasi
  • Maksimal 250 kata
  • Gunakan kalimat aktif
  • Buang kalimat yang sifatnya memberikan keterangan pelengkap
Contoh Abstraksi pada Karya Tulis Ilmiah
Latar Belakang : Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang sudah ada lama di dunia Nyamuk dan virus yang berperan dalam penyakit ini terus menyebar ke berbagai daerah baru dan telah menyebabkan banyak epidemi di seluruh dunia. Salah satu epidemi demam berdarah yang paling pertama terjadi daerah Asia Tenggara. Di Indonesia telah mencapai 19.031 kasus dan 336 di antaranya meninggal dunia. Hal ini yang belum difahami masyarakat pada umumnya adalah cara penularan penyakit dan pemberantasanya.
Tujuan : Untuk mengetahui gambaran pengetahuan keluarga tentang penyakit demam berdarah dengue di RT 03/I Desa Sinanggul Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara.
Metode Penelitian : jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif  yang berupa presentase, kemudian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. teknik pengambilan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu menggunakan seluruh populasi yang ada sebanyak 82 orang yang mewakili 82 keluarga. Penelitian menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang berisi pertanyaan favorable dan unfavorable. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif.
Hasil Penelitian :  Dari hasil penelitian terhadap 82 responden didapatkan bahwa tingkat pengetahaun Responden adalah sebagai berikut: sebanyak 18 (22,0%) Responden berpengetahuan baik, 47 (57,3%) Responden berpengetahuan cukup dan sebanyak 17 (20,7%) Responden pengetahuannya masih kurang.
Kesimpulan : sebagian besar responden berpengetahuan cukup. Hendaknya petugas kesehatan terkait lebih sering mengadakan  penyuluhan dan pendidikan kesehatan pada masyarakat sehingga tingkat pengetahuan masyarakat semakin meningkat.

Sumber 
http://abstrakskripsi.wordpress.com

http://umcrifai.blogspot.com
http://masoecup.blogspot.com

Greentea Day Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.