Sebelumnya saya akan menjelaskan mengenai jejaring social
yang ada pada era saat ini yang dengan mudah kita download melalui mobile
ataupun computer agar kita dapat mudah melakukan komunikasi interaksi dan
mengirimkan informasi.
Pada
awalnya muncul SMS untuk memudahkan pengiriman pesan kepada rekan kita muncul
lagi hal yang lebih canggih yaitu MMS dan dengan di kenalkannya teknologi GPRS
maka kita akan semakin mudah berkomunikasi hingga sekarang muncul teknologi
terbaru yaitu 4G dan EVDO (pada CDMA). Dengan mudah kita dapat mendownload
aplikasi mobile guna berkomunikasi lebih mudah.
Berawal dari sebuah aplikasi mobile tersebut saya
menjadi terinspirasi untuk mengkonsep suatu aplikasi mobile yang dengan
penggunaan fiture yang lebih lengkap, unik dan mudah di akses oleh pengguna.
Saya menamakan aplikasi mobile ini adalah NearChat ( Berbicara Dekat) dengan
asumsi bahwa kita mesikpun berada dalam kejauhan tetapi akan terasa dekat
dengan penggunaan pada konsep aplikasi yang saya rancang.
Fitur
yang akan dirancang adalah:
1. Chat
Pada chat ini memiliki tampilan chat yang mudah dimengerti user, terdapat gambaran sebuah chat dengan tambahan font yang dapat kita atur sesuai keinginan kita. Dan dapat melakukan broadcast ke semua kontak atau orang-orang yang akan anda pilih.
2. Video Call and Call free
Dengan teknologi 3G Video Call and Free Call juga saya rancang guna untuk memudahkan kita dalam berkomunikasi meskipun dengan mengendarai mobil tinggal koneksikan smartphone anda dengan layar yang ada pada mobil pribadi anda kemudian anda bias ngbrol dengan rekan anda tanpa harus mendekatkan handpone ketelinga ataupun dengan earphone. Karena dapat terkoneksi dengan speaker pada mobil anda. Dan teknologi ini menggunakan internet wifi ataupun pulsa paket internet anda.
3. Voice Chat
Voice Chat pada umumnya aplikasi lainpun menggunakan karena simple dan mudah untuk berbicara terhadap rekan kita dengan cara memilih voicecall pada aplikasi ini anda langsung dapat menggirimkan suara anda ke rekan anda.
4. Send File
anda dapat mengirimkan file bertipe
apapun kepada teman anda seperti document presentasi, surat, foto, video dan
lain sebagainya.
5. Emoticon
seperti pada umumnya setiap aplikasi chat pada mobile selalu menggunakan yang namanya motions seperti wajah senyum marah dan lain sebagainya dan disini ada penambahaan pada gambar bergerak dengan extensi file gif.
5. Emoticon
seperti pada umumnya setiap aplikasi chat pada mobile selalu menggunakan yang namanya motions seperti wajah senyum marah dan lain sebagainya dan disini ada penambahaan pada gambar bergerak dengan extensi file gif.
6. Group Chat
Pengguna dapat membuat sebuah group chat dari beberapa contact yang ada dan dapat menambahkan anggota group tersebut apabila diperlukan. Fitur ini dapat memudahkan penyebaran informasi yang ada kepada anggota group tersebut yang bersifat prifasi ataupun umum.
7. Room
Chat Category
Room chat ini adalah anda dapat masuk ke room chat yang dapat
anda pilih dan terdapat category room chat dari mulai pendidikan, politik,
berita, olahraga sampai hiburan.
8. GPS
Penambahan fitur GPS pada aplikasi ini dengan radius yang
bagus agar memudahkan anda bila berada dalam perjalanan dan anda juga dapat
bertanya dengan orang yang berada dekat dengan anda berada karena terdapat menu
orang yang berada di sekitar anda.
9. Game
Online
Game adalah salah satu tambahan agar anda tidak bosan karena
cukup menarik anda tidak perlu menginstal aplikasi game tersebut dengan koneksi
ke internet anda sudah dapat memainkan game tersebut meskipun game tidak
terlalu bagus seperti game yang telah anda install tapi game ini anda dpat
menemukan teman – teman baru dan petualanganbaru.
-
Memasukan nomer telephone teman anda. Kemudian akan terhubung
langsung dengan teman anda hanya saja ada tambahan yaitu terdapat saran teman
yang dapat anda add langsung.
-
Dengan cara melihat malalui teknologi sederhana yaitu GPS anda
dapat menemukan orang di sekitar anda dengan jarak-jarak terdapat pada kejauhan dari tempat anda berada.
-
Anda dapat menambahkan teman juga melalui room chat yang anda
suka.
Tujuan
semua konsep dan rancangan yang saya buat adalah agar kita akan semakin dekat
dengan rekan kerja, teman, sahabat, ataupun pasangan.
Dengan
menggunakan teknologi internet maka akan semakin mudah dalam menjangkau apa
yang kita harapkan karena sebagai manusia yang hidup di era tenologi kita
sebagai manausia yang berinteraksi dengan computer dan teknologi harus dapat
memanfaatkan teknologi yang ada dan mengupdate informasi apa yang belum kita
ketahui. Untuk menggunakan sebuah teknologi akan terasa sangat mudah jika kita
terbisa karena semua yang di desain oleh programmer itu di desain sedemikian
rupa agar kita sebagai pengguna dapat mudah menggunakannya yang jadi sebuah
peranyaan adalah apakah seorang pengguna terbiasa dengan situasi yang ada bila
belum mulailah dari sekarang untuk belajar menggunakanya.
Metode
Observasi Karakteristik Pengguna
Pada kali ini saya akan memberikan sebuah pemahaman
konsep dan rancangan yang telah saya buat dengan mengobserfasi dari seorang
remaja umur sekitar 15tahun. Saya bertanya kepada dia apa keluahan anda
menggunakan suatu chat-chat dalam hanphone mereka berkata mereka kurang begitu paham
dengan chat tersebut karena fitur yang membingungkan, kemudian kurangnya fitur
tambahan yang komplit sehingga terkadang mereka boring.
Dalam mengoperasikan suatu chat serba terbatas dari mulai
karakter yang di tulis sampai file yang berukuran lebih dari 2mb tidak dapat
dikirim, juga mereka terkadang bepergian bingung dengan alamat yang akan mereka
tuju meskipun adanya GPS tetapi tetap saja keterbatasan karena tidak ada orang
yang dapat mereka Tanya karena kebanyakan anak berumur 15 tahun malu untuk menanyakan
suatu hal kepada orang.
Pada mata kuliah IMK
ini bagaimana saya harus dapat menganalisa karakteristik pengguna yang
berinteraksi dengan computer agar merasa senang dengan teknologi yang mereka
gunakan merasa semua kebutuhan yang mereka inginkan dapat terpenuhi.
Metode ini adalah
metode faktor
manusia berkaitan dengan masalah- masalah
psikologis,
karena berhubungan dengan masing-masing karakteristik dari pengguna. Kemudian
berhubungan juga dengan Interaksi manusia dan
komputer mengkaji bagaimana hubungan-hubungan
yang terjadi antar ilmu komputer desain terkait dengan manusia dengan komputer.
Maka di butuhkan media interaksi antara manusia dan computer
berupa:
·
Media Tekstual
Adalah ”bentuk sederhana dialog atau
komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang
menarik”.Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang
menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.
·
Media GUI (Graphical User Interface)
Adalah ”bentuk dialog atau komunikasi
antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”.Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk
grafis menggunakanpemrograman visual (Visual Basic, Visual
Foxpro, Delphi dan lain-lain).
Tetapi untuk suatu aplikasi berbasis mobile chat dibutuhkan
desain berbasis GUI karena membutuhkan gambar dan tampilan yang elegan. Bagi para pendisain suatu aplikasi agar interaksi antarmuka computer mudah dan semakin canggih maka harus
sering diuji untuk memperbaiki segi
tampilan dengan cara mengupload versi terbaru, sehingga memungkinkan
pertukaran informasi. beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka
adalah :
2.
Metode implementasi antarmuka.
3.
Metode evaluasi dan perbandingan
antarmuka.
4.
Pengembangan antarmuka baru.
5.
Mengembangkan sebuah deskripsi dan
prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.
Hasil
Observasi Karakteristik Pengguna
Dari obserfasi yang telah saya lakukan kepada remaja usia
15 tahun yaitu mencegah kejenuhan dengan mengadakan sebuah game online pada
aplikasi tersebut juga room chat category yang memungkinkan remaja tersebut
dapat mencari informasi mengenai berita yang sedang uptodate, hiburan,
teknologi, dan lain sebagainya.\
Selanjutnya adalah
melakukan uji dan memberikan kritik saran pengguna terhadap aplikasi yang di
gunakan agar dapat di update ke versi yang lebih mudah di pahami dari fitur
sampai penggunaan tombol untuk memilih menu yang akan di jalankan atau di
operasikan karena dalam membuat sebuah aplikasi kita butuh karakteristik dari
pengguna karna agar dapat kita sesuaikan desain nantinya. Kemudian menambahkan
jumlah kapasitas karakter penulisan sehingga memudahkan pengguna untuk membagi
informasi yang panjang dan memberikan kapasitas memory lebih untuk mengirim
file.
Kemudian
masalah selanjutnya GPS dalam sebuah rancangan ini saya menambahan suatu konsep
dengan anda dapat mendetek orang yang berada di sekitar anda untuk bertanya
jika anda tersesat dan terdapat juga bahwa anda berada di posisi mana karena
terkadang anak umur 15tahun malu untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang
belum mereka kenal.
Sebetulnya
sebagai mahluk social kita membutuhkan interaksi kepada rekan kerja teman
sekolah teman kampus bahkan pasangan dengan andanya konsep ini saya berharap
agar komunikasi dan informasi akan semakin mudah kita dapat dan tak mengenal
jarak dan waktu sesuai pada tujuan mata kuliah saya ini yaitu IMK (interaksi
manusia dan computer).
Tetapi
kebanyakan orang dalam aplikasi mereka akan mengeluh mengenai desain antar muka
dan berdasarkan teori IMK saya akan menjelaskan 8 aturan desain antarmuka:
·
Upayakan untuk konsistensi.
·
urutan tindakan yang konsisten harus diminta dalam
situasi yang mirip.
·
Memungkinkan pengguna sering untuk menggunakan jalan
pintas
·
untuk meningkatkan laju singkatan menggunakan interaksi,
tombol khusus, perintah tersembunyi, dan makro.
·
untuk setiap tindakan pengguna, sistem harus merespon
dalam beberapa cara (dalam desain web, hal ini dapat dicapai dengan DHTML - misalnya, tombol akan membuat suara klik atau
mengubah warna saat diklik untuk menampilkan sesuatu yang pengguna telah
terjadi).
·
Desain dialog untuk menghasilkan penutupan.
·
Urutan tindakan harus diatur ke dalam kelompok dengan
awal, tengah, dan akhir. Umpan balik yang informatif pada penyelesaian
sekelompok pengguna tindakan menunjukkan aktivitas mereka telah selesai dengan
sukses.
·
Penawaran kesalahan pencegahan dan penanganan kesalahan
sederhana.
·
desain bentuk sehingga pengguna tidak dapat membuat
kesalahan serius, misalnya, lebih memilih pilihan menu untuk membentuk mengisi
dan tidak mengizinkan karakter abjad di bidang entri
numerik.
·
jika pengguna melakukan kesalahan, instruksi harus
ditulis untuk mendeteksi kesalahan dan menawarkan instruksi sederhana,
konstruktif, dan khusus untuk pemulihan.
·
segmen panjang formulir dan mengirimkan bagian terpisah,
sehingga pengguna tidak dikenakan sanksi karena harus mengisi formulir lagi -
tapi pastikan Anda menginformasikan kepada user bahwa beberapa bagian yang
datang
·
Izin tindakan pemulihan.
·
Pengguna yang berpengalaman ingin bertanggung
jawab. Mengejutkan sistem tindakan, urutan membosankan data,
ketidakmampuan untuk memasukan atau kesulitan dalam mendapatkan informasi yang
diperlukan, dan ketidakmampuan untuk menghasilkan tindakan yang diinginkan semua
membangun kecemasan dan ketidakpuasan.
·
Kurangi beban memori jangka pendek.
·
Sebuah studi menunjukkan bahwa manusia terkenal dapat
menyimpan hanya 7 buah (plus atau minus 2) informasi dalam memori jangka pendek
mereka. Anda dapat mengurangi beban memori jangka pendek dengan merancang
layar di mana pilihan yang jelas terlihat, atau menggunakan pull-down menu dan
ikon.
Analisa Mengenai
Aplikasi
Suatu aplikasi apapun pasti
mempunyai kekurangan namun yang terpenting adalah bagaimana kita merancang
suatu aplikasi yang mudah di mengerti oleh pengguna karena sifat manusia adalah
ingin teknologi yang mudah, cepat, hemat biaya waktu bahkan tenaga, beberapa
hal yang perlu di perhatikan dalam membuat aplikasi adalah kegunaan user karna
setiap user mempunyai karakter yang berbeda-beda dan bagaimana sebagai
perancang aplikasi harus dapat mengenali karakter tersebut dan tidak mungkin
juga aplikasi yang digunakan banyak orang tetapi kita desain dengan keiingan
satu orang saja jika seperti itu maka yang akan menggunakan aplikasi tesebut
hanya orang-orang yang berkarakter sama pertama adalah kita konsep penggunan
aplikasi tersebut sebagai apa dan kebutuhan apa saja yang mereka inginkan agar
terpenuhi, kemudian buat desain yang elegen dan enak dipandang mata dan tidak terlalu
rumit meskipun banyak fitur.
Seperti penambahan suatu room chat
category untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi di room tersebut
karna room tersebut bersifat forum yang memungkinkan anda tidak buta akan
sebuah informasi mengenai hal apapun dari mulai pendidikan sampai hiburan
sekalipun.
Kemudian penambahan pada suatu video
call yang dapat kita gunakan untuk berbicara pada teman rekan kerja ataupun
pasangan bahkan terfikirkan dalam diri saya bahwa orang yang sedang menemudipun
dapat berinteraksi dengan orang lain untuk mencegah keboringan dengan media
speaker mobil agar tidak membahayakan keselamatan pengendara karena jika
menggunakan heatset maka tidak terdengar tlakson dari kendaraan lain.
Selanjutnya adalah pencarian alamat
denga menggunakan deteksi orang di sekitar yang menggunakan aplikasi ini
memungkinkan pengguna dapat langsung bertanya melalui handphone atau gajednya
secara langsung tanpa harus bertanya pada orang asing yang berada di sekitar
jalan tersebut. Dan fitur tambahan pada game online agar dapat berinteraksi
dengan permainan tersebut dan sesama pengguna aplikasi NearChat ini.
Dan perlu di
ketahui sumua yang kita buat hal apapun itu harus memiliki tujuan dan disini
adalah tujuan terhadap interaksi manusia dan computer yang perlu di ketahui.
·
Tujuan utama disusunnya berbagai cara
interaksi manusia & komputer :
untuk mempermudah manusia
dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia
perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.Para perancang antarmuka
manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat
bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
·
Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer
lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna
yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut
tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
Contoh-contoh diatas
merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia
dan Komputer.
Kita butuh Interaksi
manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu
pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak
membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.
Reverensi
1.
Wikipedia
2.
WeChat Mobile Apikasi